affiliate marketing

Jumat, 30 November 2012

Khasiat Buah Labu

Buah Labu

Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Labu

Untuk Mencegah Diabetes / Kencing Manis

Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Labu – Labu merupakan salah satu jenis tumbuhan merambat yang cukup digemari di Indonesia. Selain dijadikan sayuran atau menu masakan lainnya, labu juga kerap dijadikan cemilan atau makanan ringan, seperti dibuat kolak. Bentuk buahnya yang besar seperti melon dan rasanya yang masam manis padat namun lembut memang enak dikonsumsi.
Buah labu merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat. Ada lima spesies buah labu yang umum dikenal, yaitu Cucurbita maxima Duchenes, Cucurbita ficifolia Bouche, Cucurbita mixta, Cucurbita moschata Duchenes, dan Cucurbita pipo L. Kelima spesies buah labu tersebut di Indonesia disebut buah labu kuning (waluh) karena mempunyai ciri-ciri yang hampir sama. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pakar Gizi dan kesehatan, buah labu memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan juga untuk kecantikan.
KANDUNGAN BUAH LABU
Buah labu kaya akan kandungan gizinya, terutama vitamin A, vitamin C, dan betakaroten sehingga sangat baik untuk kesehatan mata maupun meningkatkan daya tahan tubuh. Buah labu juga kaya dengan kandungan mineralnya, seperti fosfor, kalsium, zat besi, dan kalium. Kandungan energi dalam 100 gram buah labu tercatat sebanyak 20 hingga 34 kalori, protein 1 gram, dan lemak 0,1 gram.
Kandungan air yang banyak dan seratnya yang cukup tinggi juga baik untuk melancarkan pencernaan, mengatasi peradangan, mengatasi demam dan penyakit diare. Buah labu juga dikenal mengandung beta karoten dan alpha hydrox-acid yang sangat baik untuk menyembuhkan migrain, penyakit ginjal dan jantung, sebagai anti oksidan, serta mencegah penuaan dini.
KHASIAT DAN MANFAAT BUAH LABU
Berikut beberapa khasiat buah labu yang baik untuk kesehatan, yaitu :
  • Diabetes mellitus/kencing manis.
  • Menurunkan panas.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Arterostklerosis/penyempitan pemculuh dara.
  • Jantung Koroner.
  • Melancarkan BAB.
  • Mencegah berkembangnya sel kanker.
  • Bagi remaja putri atau ibu-ibu yang ingin menurunkan berat badan yang berlebihan, konsumsi buah labu rebus sebagai menu sarapan pagi atau menu makan malam. Terapkan selama 1 minggu, rasakan hasilnya.
  • Untuk anak-anak yang menderita cacingan, 10 gram biji buah labu segar disangrai lalu ditumbuk sampai halus, diseduh dengan air panas/hangat, kemudian dsaring dan diminum sekaligus sebelum tidur.
  • Gatah dari kulit buah labu yang segar dapat digunakan sebagai masker wajah (mengencangkan kulit wajah, jerawat, serta menghaluskan kulit). Oleskan getah buah labu di wajah, diamkan 20 menit, basuh dengan air hangat.
Sumber: http://krisxamthone.com/buah/kandungan-dan-manfaat-buah-labu/

0 komentar:

Posting Komentar